Mengeksplorasi dan melihat – lihat karya seni dari berbagai belahan dunia memang bisa menjadi alternative untuk traveling.

Bukan hanya menyenangkan mata, masterpiece yang kalian lihat juga bisa saja memunculkan inspirasi baru, mulai dari mengunjungi museum, galeri seni, hingga studio workshop yang tentu saja akan memberikan kalian perspektif baru.

Seni sebenarnya bisa dinikmati oleh semua orang asalkan kita mau memperhatikan. Bagi kalian yang kurang mengerti seni, biasanya bentuk apresiasinya berupa jepretan fiti selfie bersama dengan karya yang dianggap unik.

Padahal, banyak cerita yang bisa digali dari karya tersebut. lalu, bagaimana cara menikmati karya seni? Yuk simak di bawah.

1.Luangkan Waktu Untuk Riset dan Mnafaatkan Fasilitas Multimedia

Luangkan Waktu Untuk Riset dan Mnafaatkan Fasilitas Multimedia

Setiap karya seni pasti memiliki makna dan pesan yang berusaha disampaikan oleh para seniman. Untuk mengetahui makna tersembunyi itu, sebaiknya kalian melakukan riset kecil – kecilan sebelum mulai mengeksplorasi suatu galeri.

Kalian bisa googling atau membaca situs galeri. Dengan mengetahui cerita dibalik pembuatan dan makna dibalik suatu karya, maka apresiasi kita pasti akan lebih dalam.

Misalnya kita jadi tahu karya itu pernah terjual berapa mahal, pernah memecahkan rekor dunia mungkin, bagaimana proses pembuatannya. Info-info seperti itu aku dapat dari Google. Jadi jangan malas riset.

Banyak galeri seni yang sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas multimedia, seperti perangkat audio atau visual yang tersebar di dalam galeri.

Ada baiknya kalian tidak melewatkan hal tersebut. karena, panduan yang disediakan pada perangkan multimedia pasti berguna untuk membuat kalian lebih paham terhadap karya seni.

Akan sangat sayang jika kalian tidak memanfaatkan hal tersebut. karena, dari audio guide kalian bisa mendapatkan cerita lebih.

Misalnya di Van Gogh Museum di Amsterdam, di sana diceritakan betapa menderitanya hidup Van Gogh dulu, pernah dicuekin oleh lingkungannya, dan malah terkenal setelah dia mati. Kan cerita menarik begini sayang kalau dilewatkan.

2.Kepo ke Kurator dan Jangan Selfie Berlebihan

Kepo ke Kurator dan Jangan Selfie Berlebihan

Setiap galeri seni biasanya memiliki curator yang siap untuk melayani pertanyaan pengunjung seputar pameran. Nah, kalian jangan sungkan untuk bertanya.

Pilihan kurator untuk memajang suatu karya pasti berdasarkan pertimbangan yang panjang. jadi, kita memang dituntut untuk kritis agar bisa mendapatkan cerita – cerita menarik dari artwork. Cerita dari kurator bisa menambah hasil riset kita sendiri.

Melihat karya seni yang Instagramable, tentu tangan kita terasa gatal untuk mengambil selfie dengannya. Sah-sah saja berfoto dengan karya seni favorit kita. Tapi ingat, bukan hanya kita yang ingin mengapresiasi karya tersebut.

Enggak ada salahnya selfie untuk reminder tapi please jangan excessive, use your common sense. Foto satu dua kali bolehlah.Jangan kamu selfie dari segala sisi dan melupakan kehadiran orang lain. Itu kan enggak beretika banget.

3.Lihat Dengan Tenang dan Damai Serta Lihat Setiap Bagian Lukisan

Lihat Dengan Tenang dan Damai Serta Lihat Setiap Bagian Lukisan

Pikiran dan hati yang tenang membuat kita lebih sabar untuk menemukan sisi menarik sebuah lukisan. Meskipun ada lukisan yang melahirkan efek “cinta pada pandangan pertama” sih.

Pikiran tenang dan hati damai memberikan kita kesempatan untuk melihat karya lebih obyektif. Sekaligus memudahkan kita untuk bertemu keindahan dan kebahagiaan.

Sebaiknya, jangan terburu-buru untuk like apalagi dislike suatu lukisan. Walaupun lukisan itu memang nggak menarik minat untuk ditatap sedari terlihat oleh mata.

Cobalah untuk melihat setiap sudut lukisan. Mulai dari warna, tekstur hingga ekspresi. Mungkin, kamu akan menemukan sesuatu yang semula terlewatkan mata dan selera.

Publik berhak menginterpretasikan makna dari setiap karya yang sudah terlahir. Prinsip ini sepertinya sudah menjadi hukum alam. Pun begitu dalam hal seni lukis.

Sebagai penonton maupun penikmat karya, kamu diperbolehkan memberi makna atas karya lukis yang dipamerkan kok. Tapi ingat, interpretasimu nggak bersifat mutlak benar loh.

Nah, itulah beberapa tips menikmati berbagai karya seni yang ada di dunia. Sekarang, jangan lagi kalian asal – asalan saat datang ke pameran karya seni ya!

Semoga artikel ini dapat berguna serta bermanfaat terutama bagi kalian yang ingin lebih menikmati karya seni di dunia.