Karya seni dan pajangan untuk hunian memang harus dipilih dengan tepat. Karena, pemilihan pajangan bisa menggambarkan kepribadian kita sebagai pemilik rumah.

Selain itu, pajangan juga akan membantu kalian menentukan karakter dari suatu ruangan. Namun untuk memastikan kalan memilih karya seni yang tepat, ada beberapa hal yang perlu diperhaikan, salah satunya mencocokkan konsep ruangan tersebut.

Nah, untuk kalian yang masih bingung memilih pajangan serta karya seni yang tepat untuk hunian, ada beberapa tips yang bisa kalian lakukan.

1.Dapur dan Kamar Tidur

Dapur dan Kamar Tidur

Salah satu ruangan yang paling sering dilupakan dalam hal karya seni adalah dapur. Padahal, dapur sering disebut ebagai “heart of the home” Karena fungsinya sebagai tempat memasak.

Karena itulah, tak perlu diragukan lagi bahwa unsur seni perlu dimasukkan di dalam ruangan ini. countertops atau yang lebih dikenal dengan ruang di atas lemari cabinet adalah salah satu sudut yang sempurna untuk menaruh seni.

Kalian bisa meletakkan sebuah lukisan atau gambar dengan isian kalimat kutipan yang bisa membuat kalian tersenyum setiap kali membacanya.

Untuk menjaga detail karya seni tersebut, memasang satu atau dua bingkai sudahlah cukup. Hal ini juga dilakukan untuk menghindari kepadatan di dalam dapur.

Lalu, kamar tidur adalah tempat peristirahatan. Tempat untuk merelaksasikan tubuh setelah seharian beraktivitas di luar.

Karena itulah, karya seni yang dimasukkan ke dalam ruangan ini juga harus mencerminkan hal tersebut. pilihlah sebuah karya yang abstrak dengan warna atau nada yang membuat tenang.

Lalu, jika kalian suka dengan seni fotografi, gambar lanskap dan foto – foto dengan saturasi minimalis bisa kalian jadikan pilihan.

Untuk tempat terbaik, kalian bisa menggantungkan karya seni di dinding bagian belakang atau dinding seberang tempat tidur. Kalian bisa memilih potongan seni skala besar untuk penglihatan yang lebih pas.

2.Kamar Mandi dan Ruang Kantor

Kamar Mandi dan Ruang Kantor

Kamar mandi adalah ruangan lain yang juga sering diabaikan untuk dimasukkan unsur seni. Nah, jika kalian berencana untuk memberikan unsur seni di ruangan ini, ada baiknya kalian menyesuaikannya dengan suasana kamar mandi.

Sebaiknya tampilkan karya seni berpasangan. Misalnya kalian bisa meletakkan dua bingkai secara bertumpuk atau berdampingan.

Hal ini dilakukan untuk menyeimbangkan elemen yang ada di dalam kamar mandi. Untuk pilihan gambar, kalian bisa memilih lukisan abstrak yang berbeda satu sama lain namun memiliki tema yang sama.

Untuk lokasinya, kalian bisa meletakkan lukisan tersebut di atas kloset, di atas bak mandi, atau dekat pengait handuk.

Baik kalian bekerja dari rumah atau di kantor, seni merupakan salah satu cara terbaik untuk mempersonalisasi ruang kerja kalian dan membuat kalian tetap terinspirasi.

Misalnya dengan mencoba membuat galeri yang berputar. Untuk memulainya, kalian membutuhkan rak langkan apung yang panjang untuk meletakkan bingai.

Sebaiknya kalian memasang rak tersebut di sebelah atau di dekat meja kerja kalian, berikutnya, kalian bisa memilih berbagai karya seni yang menginspirasi kalian.

Sebagai kombinasi, sebaiknya gunakan bingkai dengan ukuran yang berbeda, baik bingkai besar maupun kecil. Yang penting, ukuran tersebut enak di pandang mata dan tidak keluar dari konsep awal.

Kalian juga bisa memilih desain bingkai yang sama atau berbeda, hal ini tergantung pada selera kalian masing – masing.

Jika kalian bosan dengan desainnya, kalian bisa pindahkan atau putar bingkai tersebut dengan gambar lain. kalian juga bisa memperbaharui koleksi karya seni lainnya.

3.Ruang Keluarga

Ruang Keluarga

Ruang paling menyenangkan untuk menghias dengan seni, dan sering kali, yang paling menakutkan adalah ruang keluarga.

Sebagian besar dari kita mungkin merasakan banyak tekanan untuk mendekorasi ulang ruang keluarga, karena ini adalah ruangan yang sering kali digunakan untuk berkumpul.

Untuk memulainya, kalian dapat memilih satu area dinding untuk galeri besar. Kemudian, pilihlah karya seni yang tidak biasa, Maksudnya, kalian harus berpikir “out of the box” untuk hasil yang melebihi ekspektasi.

Misalnya, kalian bisa menggantungkan lukisan dengan kanvas tanpa bingkai, bisa juga dengan membentangkan bendera berskala besar, atau menaruh gambar 2D dengan warna yang menenangkan.

Namun, wajib diingat, hal terpenting dari mendekorasi ulang ruangan ini harus mencerminkan kepribadian penghuni supaya kalian lebih nyaman dan kerasan.

Nah, itulah beberapa tips meletakkan karya seni di rumah kalian. Semoga bermanfaat.