Meningkatkan keahlian dalam bidang seni rupa memang membutuhkan rencana dan dedikasi. Entah ingin menjadi seniman professional ataupun hanya ingin menekuni hobi baru, kalian bisa membuat karya seni yang bagus dan berkualitas tinggi dengan sedikit kesabaran dan banyak Latihan.

Kalian harus merencanakan rutinitas harian untuk berlatih dan bersikap terbukalah untuk mempelajari keahlian baru dan bereksperimen dengan keahlian lama.

Latih pengelihatan kalian untuk memandang dunia dengan kacamata seorang seniman agar kalian bisa menciptakan karya yang realistis atau membuat cahaya, bayangan, dan komposisi dengan cara yang kreatif dan baru.

Lalu, bagaimana cara meningkatkan keahlian seni rupa kita? Yuk simak di bawah ini.

1.Pelajari Teknik Baru

Pelajari Teknik Baru

Tontonlah tutorial online yang gratis untuk mempelajari Teknik mulai dari memadukan warna atau membuat gradasi.

Jika kalian ingin mempelajari cara mencampur warna tertentu atau membuat gradasi dan bayangan yang tampak realistis, kalian bisa menonton tutorial daring gratis.

Siapkan buku sketsa dan peralatan Lukis agar kalian bisa sambil berlatih dan menghentikan video saat instruktur menjabarkannya.

Ikuti pula les privat atau bergabunglah dengan kelas seni yang berfokus pada keahlian tertentu jika memungkinkan.

Jika kalian seorang pemula, kunjungi pusat komunitas setempat untuk kursus seni pemula. Jika sudah memiliki keterampilan menengah atau lanjutan, kalian bis amendaftar di kelas yang dibuka oleh perguruan tinggi atau Lembaga seni setempat.

Gunakan pula buku instruksi jika kalian seorang pemula atau ingin mempelajari keahlian khusus. Buku merupakan pilihan yang bagus untuk memulai jika kalian merupakan pemula atau ingin mempelajari keahlian yang sangat spesifik, seperti menggambar manusia atau kartun.

Buku adalah cara yang tepat untuk orang yang memiliki jadwal padat karena kalian bisa mengatur sendiri kecepatan untuk mempelajari setiap keterampilan.

Jika kalian ingin belajar cara menggambar atau melukis sesuatu seperti manusia, binatang, atau lanskap atau bekerja dengan bahan – bahan tertentu seperti cat minyak, cat air, atau arang bergabunglah dengan komunitas seniman di internet.

Terhubunglah dengan seniman lain di internet untuk mengetahui tips terkait gaya dan bahan. Telusuri forum – forum untuk mencari gaya atau bahan tertentu dan jangan takut untuk meminta saran.

Ukur kelemahan kalian dan perbaikilah. Pikirkan Teknik apa yang paling dikuasai dan mana yang masih perlu ditingkatkan.

Nilai diri kalian sendiri dalam skala 1 – 10 untuk setiap keahlian mulai dari realisme, gambar hidup, potret, gambar imajinatif atau memori, proporsi, komposisi, anatomi manusia, pencampuran warna (atau teori), dan gradasi.

Setelah itu, bekerjalah lebih keras untuk memperbaiki hal-hal yang nilainya ada di bagian bawah skala.

2.Melatih Keahlian

Melatih Keahlian

Latihlah keterampilan seni setiap hari dan tentukan target pribadi. Jadwalkan untuk berlatih setiap hari, sekalpun waktu yang bisa kalian luangkan hanya 20 menit.

Berlatih setiap hari sangat penting untuk mempelajari dan menguasai Teknik baru. Jika kalian masih pemula, berusahalah untuk berlatih setidaknya 30 menit setiap hari dan secara bertahap tambah waktunya sampai satu jam atau lebih.

Gunakan manekin manusia untuk berlatih menggambar anatomi. Siapkan manekin kayu dalam posisi yang kalian kehendaki untuk berlatih menggambar tubuh. Cara ini sangat membantu untuk mempelajari proporsi yang tepat.

Tirulah foto untuk berlatih membuat seni realistis. Gunakan foto yang kalian potret atau gunting dari majalan. Letakkan di dekat tempat kerja dan conteklah semirip mungkin.

Atau, kalian bisa memasukkan Sebagian elemen di dalam foto seperti skema dan komposisi warna dan biarkan hal itu mendasari kreasi artistic kalian sendiri.

Atur penempatan benda – benda mati untuk Digambar atau dilukis. Cari benda menarik di rumah yang ingin dilukis atau gambar.

Setelah itu, atur posisinya dalam komposisi yang menarik di depan latar belakang yang kalian sukai. Misalnya kalian bisa meletakkan vas, lilin, dan semangkuk buah di atas meja, di depan dinding kotak – kotak.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kalian coba lakukan untuk melatih dan meningkatkan keahlian seni rupa kalian. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat.