Seni adalah sesuatu yang diciptakan langsung oleh manusia sebagai sebuah ciptaan atas hasil karya mereka. Seni sendiri lebih melibatkan kepada pengembangan serta pengetahuan sekaligus keterampilan fisik dari seseorang.

Untuk anak yang masih berusia dini, karakteristik dari pengalaman seni biasanya lebih fokus kepada progress nya, tak ada petunjuk langkah demi langkah, tak ada contoh yang bisa diikuti oleh anak – anak, dan lain – lain.

Seni diharapkan bisa diakses oleh setiap anak dengan kemampuan mereka sendiri – sendiri. Seni pun ada banyak macamnya. Lalu, bagaimana sih cara mengembangkan seni dari seorang anak? Yuk simak di bawah ini.

1.Beri Pilihan

Beri Pilihan

Sediakanlah banyak macam bahan yang bisa mereka pakai mulai dari pensil warna, krayon, cat, spidol, dan masih banyak lagi.

Atau kalian bisa menyiapkan bahan alami seperti daun dan pasir namun pastikan mereka tidak memakannya. Dengan berbagai pilihan ini mereka akan bisa mengembangkan imajinasi mereka mengenai apa yang dilakukan.

2.Buat Pembelajaran Lewat Bermain Bebas

Buat Pembelajaran Lewat Bermain Bebas

Di kegiatan bermain yang satu ini nantinya anak akan punya kesempatan untuk memilih berbagai kegiatan yang ada dan sesuai dengan minat serta kebisaan mereka.

Contohnya kalian bisa memberikan mereka berbagai bahan alat lalu biarkan mereka memilih kegiatan seni apa yang akan mereka pilih dan lakukan.

Jadikanlah sebuah seni jadi pengalaman yang menyenangkan. Biarkan mereka memakai banyak warna, cat, dan lain – lain untuk membuat seni.

3.Ikut Terlibat

Ikut Terlibat

Orang tua serta guru ada baiknya untuk ikut terlibat ke dalam kegiatan sang anak. Hal ini berarti ikutlah bersama anak serta lakukan berbagai kegiatan yang sama dengan mereka.

Tetapi orang tua dan guru yang terlibat bukan untuk memaksa anak atau mengajari anak meniru gambar yang dibuat namun lebih ke mendampingi mereka supaya lebih terarah dan mereka lebih termotivasi menyelesaikan hasil karya mereka.

4.Dukung Mereka

Dukung Mereka

Peran orang tua serta guru adalah bukan untuk mendikte melainkan untuk memberikan mereka dukungan atau motivasi untuk anak.

Berikanlah mereka kesempatan untuk memutuskan apa kegiatan yang mau mereka lakukan. Mereka mau menggunting kertas dari krayon atau mewarnai apapun, berikan keleluasaan bagi mereka untuk menuangkan ide mereka.

5.Diskusikan Dengan Anak

Diskusikan Dengan Anak

Sesudah melakukan pembelajaran, biasakan untuk beri mereka kesempatan untuk memberikan penjelasan mengenai hasil kerja mereka.

Contohnya sesudah menggambar, tanyakan apa gambar yang mereka buat itu dan biarkan mereka bercerita.

Itulah tips bagaimana cara menemukan kemampuan seni dari seorang anak yang bisa kalian lakukan untuk membantu mereka menemukan kemana arah mereka selanjutnya saat sudah besar. Semoga artikel ini berguna dan bermanfaat terutama bagi kalian para orang tua yang baru saja memiliki anak.