Sebetulnya, seni sudah melekat pada dunia anak. Sebelum umur 2 tahunan, anak sudah bisa mencoret kertas saat diberikan alat tulis. Mengajarkan seni juga ternyata punya manfaat untuk mengembangkan keterampilan anak serta mengajari mereka berbagai hal.

Tanpa disadari, anak juga sudah mengembangkan seni dengan aktivitas mereka sehari – hari mulai dari menari, menyanyi, sampai bermain boneka.

Itu semua adalah sebuah aktivitas bermain yang punya kaitan dengan seni. Walaupun kesannya sepele namun anak banyak belajar dari aktivitas itu loh.

Mungkin untuk kita hal tersebut buang – buang waktu. Namun, untuk anak – anak kegiatan kesenian jutsru punya manfaat yang sangat besar untuk perkembangan mereka. lalu, apa sih sebenarnya manfaat seni untuk anak?

1.Mengekspresikan Diri

Mengekspresikan Diri

Bernyanyi adalah salah satu cara untuk orang dewasa untuk mengekspresikan diri mereka. walaupun tak sesuai dengan nada tapi yang penting suasana hati terluapkan. Hal ini sama dengan anak.

Saat mengerjakan karya seni anak akan belajar mengerahkan serta akan selalu berusaha menampilkan hasil karya yang mereka buat.

2.Meningkatkan Koordinasi Tangan dan Mata

Meningkatkan Koordinasi Tangan dan Mata

Menggunting kertas, memegang kuas, membentuk tanah liat, dan coret – coret adalah suatu kegiatan seni yang bisa dilakukan oleh anak.

Secara tak langsung, kegiatan itu bisa melatih koordinasi tangan serta mata si kecil. kegiatan tersebut bisa melatih kemampuan motorik halus dari anak. Mereka nantinya akan belajar fokus mengikuti garus saat menggunting serta memegang kuas untuk mewarnai.

3.Bangun Kerja Sama dan Tanggung Jawab

Bangun Kerja Sama dan Tanggung Jawab

Kegiatan seni bukan hanya dikerjakan sendiri oleh anak karena kadang juga melibatkan orang lain. Misalnya seperti drama atau pentas musik yang mengharuskan anak bekerja sama dengan temannya yang lain.

Anak nantinya akan melakukan aktivitas itu dengan kelompok lalu akan bekerja sama bersama dengan teman mereka. inilah yang akan mengasah rasa tanggung jawab serta kerja sama mereka.

4.Meningkatkan Konsentrasi serta Disiplin

Meningkatkan Konsentrasi serta Disiplin

Dunia seni bisa membantu anak agar fokus melakukan satu hal. Mereka akan belajar mematuhi aturan, mendengarkan penjelasan guru, berusaha menuntaskan hasil karya mereka, hingga berkreasi.

Misalnya saat mewarnai mereka akan belajar fokus untuk mewarnai tidak melewati garis gambar. Ini bisa membantu mereka konsentrasi serta disiplin saat menyelesaikan tugas.

5.Mengembangkan Kreativitas

Mengembangkan Kreativitas

Dunia seni memang punya peran yang sangat besar dalam perkembangan kreativitas dari seorang anak. Pelajaran seni ini seringkali hadir bersama dengan berbagai permainan yang tak akan membuat mereka bosan.

Kegiatan kesenian mulai dari nyanyi, gambar, menari, bahkan hingga bermain punya peran yang sangat bermanfaat untuk mengembangkan imajinasi mereka.

Aktivitas itu bahkan bisa membantu mereka mengasah kemampuan kognitif anak serta memecahkan masalah yang sederhana.

Itulah beberapa manfaat seni bagi anak. Semoga bermanfaat.